Selasa, 13 Desember 2011

Contoh Laporan Hasil Diskusi


Laporan Hasil Diskusi
Kesehatan Berawal dari Makanan
1.      Pendahuluan
Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Pemeliharaan kesehatan adalah upaya penaggulangan dan pencegahan gangguan kesehatan yang memerlukan pemeriksaan, pengobatan dan/atau perawatan.
Boraks adalah bahan solder, bahan pembersih, pengawet kayu, antiseptik kayu, dan pengontrol kecoak. Sering mengonsumsi makanan berboraks akan menyebabkan gangguan otak, hati, lemak, dan ginjal. Dalam jumlah banyak, boraks menyebabkan demam, anuria (tidak terbentuknya urin), koma, merangsang sistem saraf pusat, menimbulkan depresi, apatis, sianosis, tekanan darah turun, kerusakan ginjal, pingsan, bahkan kematian.Formalin adalah bahan kimia yang sudah tidak asing bagi kita. Sejak lama kita mengenal bahan ini sebagai pengawet yang ampuh, terutama untuk mengewetkan mayat.Formalin adalah nama dagang dari campuran formaldehid, metanol dan air.
Tujuan dari diskusi ini yaitu memberikan penjelasan bagi peserta diskusi tentang betapa pentingnya peranan makanan yang kita makan bagi kesehatan tubuh kita.
2.      Nama Kegiatan
Kegiatan yang dilaksanakan bertema “Kesehatan Berawal dari Makanan”.
3.      Pelaksanaan
Diskusi dilaksanakan pada
hari                      : Sabtu
tanggal                : 19 November 2011
waktu                   : Pukul 08.00 – 09.30 WITA
tempat                 : Ruang kelas XII IPA 1 SMA Negeri 3 Makassar
4.      Panelis
Panelis dalam diskusi ini adalah Febila Ramadhantia dan Fatmalasari Yahyadin, yang merupakan siswi SMA Negeri 3 Makassar dengan makalahnya yang berjudul “Bahaya Boraks dan Formalin bagi Kesehatan”.
5.      Peserta
Peserta terdiri dari Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dan Siswa/i kelas XII IPA 1 SMA Negeri 3 Makassar. Jumlah keseluruhan peserta 37 orang.
6.      Uraian Singkat Diskusi
Secara umum, diskusi berjalan dengan lancar selama dua jam pelajaran. Para peserta mengikuti diskusi yang berlangsung dengan antusias. Banyak pertanyaan yang mereka ajukan kepada panelis. Jika melihat jalannya diskusi, tampaknya para peserta sangat tertarik dengan tema diskusi. Apalagi permasalahan yang disampaikan panelis sangat relevan dengan peran penting makanan untuk menjaga kesehatan.
7.      Penutup
Makanan diperlukan tubuh manusia untuk pertumbuhan dan melakukan kegiatan sehingga tubuh tetap sehat. Makanan yang kamu makan sebaiknya mengandung gizi. Asupan gizi yang baik tidak akan terpenuhi tanpa makanan yang sehat. Makanan yang sehat adalah makanan yang mengandung semua zat gizi. Zat-zat gizi tersebut dibutuhkan tubuh untuk memperoleh energi. Selain itu, zat gizi digunakan untuk pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan sel-sel tubuh serta memelihara kesehatan. Zat-zat makanan yang diperlukan tubuh, di antaranya karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air.
Maka dari itu mulai sekarang kita harus membiasakan diri dengan makan makanan yang sehat dan bergizi. Dan tak lupa pula untuk memperhatikan makanan yang kita beli. Ada baiknya kita makan makanan buatan rumah sendiri lebih terjamin kebersihan serta sumber makanan tersebut dan tanpa bahan-bahan kimia yang tak layak makan.

1 komentar: