Selasa, 13 Desember 2011

Contoh Notulen Diskusi


Notulen Diskusi
Tanggal Diskusi                      : 19 November 2011
Tempat Diskusi                       : Ruang kelas XII IPA 1 SMA Negeri 3 Makassar
Waktu  Diskusi                                    : Pukul 08.00 – 09.30 WITA
Moderator                               : A. Peppy Yusma R.
Panelis/Pembicara                  : Febila Ramadhantia dan Fatmalasari Yahyadin
Peserta                                    :Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dan Siswa/i kelas XII     IPA 1 SMA   Negeri 3 Makassar
Jumlah                                     : peserta 37 orang.
Uraian Pelaksanaan Diskusi   : Secara umum, diskusi berjalan dengan lancar selama duann                jam pelajaran. Para peserta mengikuti diskusi yang berlangsung dengan antusias. Banyak pertanyaan yang mereka ajukan kepada panelis. Jika melihat jalannya diskusi, tampaknya para peserta sangat tertarik dengan tema diskusi. Apalagi permasalahan yang disampaikan panelis sangat relevan dengan peran penting makanan untuk menjaga kesehatan.
Pertanyaan 1                           : Mengapa masih banyak oknum pedagang yang menjual makanan yang mengandung boraks dan formalin?
Pertanyaan 2                           : Mengapa pemerintah tidak mencabut izin penjualan boraks dan formalin?
Pertanyaan 3                           : Bagaimana cara untuk menghindari makan makanan yang mengandung boraks dan formalin?
Jawaban Pertanyaan 1            : Karena memang dengan mereka menggunakan boraks dan formalin beberapa oknum pedagang dapat mendapatkan untung yang lebih bayak, karena dari fungsi formalin itu sendiri sebagai bahan pengawet serta oknum pedagang dapat menambah kekenyalan dagangannya dengan menambahkan boraks sebagai bahan makanan tersebut.dengan demikian pelanggan bertambah dan oknum pedagang pun mendapatkan banyak keuntungan.
Jawaban Pertanyaan 2            : Mungkin memang seharusnya demikian. Namun apabila pemerintah mencabut izin penjualan boraks dan formalin maka pihak yang sebenarnya membutuhkannya (Lembaga Kesehatan / Rumah Sakit) akan mengalami kesulitan untuk mendapatkannya. Mungkin  menurut Anda sebaiknya pemerintah membatasi izin tempat penjualan bahan-bahan kimia, atau pemerintah memberikan prosedur-prosedur tertentu bagi pembali bahan tersebut agar jelas penggunaannya.
Jawaban Pertanyaan 3            : Bagaimana cara untuk menghindari makan makanan yang mengandung boraks dan formalin?
Kesimpulan                             : Makanan diperlukan tubuh manusia untuk pertumbuhan dan melakukan kegiatan sehingga tubuh tetap sehat. Makanan yang kamu makan sebaiknya mengandung gizi. Asupan gizi yang baik tidak akan terpenuhi tanpa makanan yang sehat. Makanan yang sehat adalah makanan yang mengandung semua zat gizi. Zat-zat gizi tersebut dibutuhkan tubuh untuk memperoleh energi. Selain itu, zat gizi digunakan untuk pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan sel-sel tubuh serta memelihara kesehatan. Zat-zat makanan yang diperlukan tubuh, di antaranya karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air.Maka dari itu mulai sekarang kita harus membiasakan diri dengan makan makanan yang sehat dan bergizi. Dan tak lupa pula untuk memperhatikan makanan yang kita beli. Ada baiknya kita makan makanan buatan rumah sendiri lebih terjamin kebersihan serta sumber makanan tersebut dan tanpa bahan-bahan kimia yang tak layak makan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar