Senin, 25 Juli 2011

KIR Pemberdayaan Perpustakaan SMA Negeri 3 Makassar dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa.


STRATEGI PEMBERDAYAAN PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 3 MAKASSAR DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA



KARYA TULIS ILMIAH



Disusun Sebagai Salah Satu Syarat Dalam Mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat SMA/SMK Se-Kota Makassar



Oleh :
Febila Ramadhantia
Sitti Sayma
Mutmainnah






DINAS PENDIDIKAN KOTA MAKASSAR
SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 MAKASSAR
TAHUN AJARAN 2011-2012




BIODATA SISWA

A.       Nama Lengkap             : Febila Ramadhantia
Tempat, Tanggal Lahir  : Kisaran, 19 Februari 1995
Asal Sekolah                            : SMA Negeri 3 Makassar
Kelas                                       : XII IPA 1
Agama                                     : Islam
Jenis Kelamin                           : Perempuan
Telepon                                    : 0813xxx
Hobby                                      : Berolahraga dan Nonton Film
Cita-Cita                                  : Menjadi Dokter dan Psikiater
Judul Karya Tulis Yang Pernah Di Buat :
1.      Dampak Ekonomi Budidaya Rumput Laut Terhadap Masyarakat Pesisir Pantai Puntondo.
2.      Dampak Pelestarian Populasi Terumbu Karang Terhadap Tingkat Kunjungan Wisatawan Di Tanjung Bira.



IMG_2200.JPG
 






                                                                                                      
                                                                                                       Penulis                              



Febila Ramadhantia              

B.       Nama Lengkap             : Sitti Sayma
Tempat, Tanggal Lahir  : Ujung Pandang, 18 Agustus 1995
Asal Sekolah                            : SMA Negeri 3 Makassar
Kelas                                       : XII IPA 1
Agama                                     : Islam
Jenis Kelamin                           : Perempuan
Telepon                                    : 0888xxx
Hobby                                      : Membaca
Cita-Cita                                  : Dokter atau Ahli biologi
Judul Karya Tulis Yang Pernah Di Buat :
1.      Dampak Ekonomi Budidaya Rumput Laut Terhadap Masyarakat Pesisir Pantai Puntondo.
2.      Dampak Pelestarian Populasi Terumbu Karang Terhadap Tingkat Kunjungan Wisatawan Di Tanjung Bira.
IMG_2207.JPG










     Penulis                    



Sitti Sayma          

C.       Nama Lengkap             : Mutmainnah
Tempat, Tanggal Lahir  : Ujung Pandang , 16 Juni 1995
Asal Sekolah                : SMA Negeri 3 Makassar
Kelas                           : XI IPA 1
Agama                         : Islam
Jenis Kelamin               : Perempuan
Telepon                                    : 0852xxx
Hobby                          : Membaca, menulis dan menonton film
Cita-Cita                                  : Dokter dan Pengusaha
Judul Karya Tulis Yang Pernah Di Buat : -


DSC_0063.JPG
 










Penulis             



Mutmainnah






BIODATA PEMBIMBING

Nama Lengkap             : Abdul Hajar S.Pd, M.Pd
Tempat, Tanggal Lahir  : Ujung Pandang, 25 November 1969
Agama                                     : Islam
Jenis Kelamin                           : Laki-laki
Alamat                                     : Jalan Baji Gau No. 28B
Telepon                                    : 0813xxx
Jabatan                                     : Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas
Golongan                                  : 4B



DSC_0046.JPG
 












Pembimbing                 



              Abdul Hajar S.Pd, M.Pd                 
                                                                         NIP: 19691125 199403 1 012


LEMBAR PENGESAHAN

Karya Tulis Ilmiah dengan judul :
“Strategi Pemberdayaan Perpustakaan SMA Negeri 3 Makassar Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa.”
A.       Nama   : Febila Ramadhantia
B.       Nama   : Sitti Sayma
C.       Nama   : Mutmainnah
Disusun Sebagai Salah Satu Syarat Dalam Mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat SMA/SMK Se-Kota Makassar.
Makassar, 25 Juli 2011
   Penulis,                                             Penulis,                               Penulis,


Sitti Sayma                             Febila Ramadhantia      Mutmainnah
NISN: 995622583                   NISN: 9953513555                    NISN:9956219904


Menyetujui,
Guru Pembimbing


Abdul Hajar S.Pd, M.Pd
NIP: 19691125 199403 1 012

Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 3 Makassar


Drs. Iswan Abdul Latief
NIP: 19601018 198603 1 011
ABSTRAK

            Sitti Sayma, Febila Ramadhantia, Mutmainnah 2011.  Strategi Pemberdayaan Perpustakaan SMA Negeri 3 Makassar Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa. Dibimbing oleh Abd. Hajar, S.Pd, M.Pd.
            Karya tulis ilmiah ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemberdayaan perpustakaan SMA Negeri 3 Makassar dalam meningkatkan minat baca siswanya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2011 di SMA Negeri 3 Makassar, Sulawesi Selatan. Jenis penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif ,dimana penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan secara terperinci mengenai gejala atau masalah serta faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat minat baca siswa SMA Negeri 3 Makassar. Selain itu penelitian diskriptif merupakan studi untuk menemukan fakta melalui interpretasi data yang tepat sehingga dapat bermanfaat sebagai suatu pemecah masalah.
Objek penelitian adalah perpustakaan di SMA Negeri 3 Makassar mengenai strategi pemberdayaan perpustakaan sekolah untuk meningkatkan minat baca siswa. Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan cara mengumpulkan data melalui wawancara langsung. Wawancara ini dilakukan untuk mengumpulkan data mengenai strategi pemberdayaan perpustakaan sekolah untuk meningkatkan minat baca siswa.








KATA PENGANTAR

            Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan hidayah-Nya sehingga karya tugas ilmiah kami yang berjudul “Strategi Pemberdayaan Perpustakaan SMA Negeri 3 Makassar Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa” ini, dapat terselesaikan dengan hasil yang telah tertuang dalam karya tulis ilmiah yang sederhana. Tak lupa salawat dan taslim kita kirimkan kepada nabi Muhammad SAW nabi yang menjadi tauladan kita semua.
            Dalam penulisan karya ilmiah ini, penulis menerima banyak bantuan dan masukan dari berbagai pihak sehingga akhirnya karya tulis ini dapat terselesaikan dalam waktu yang singkat.
            Oleh karena itu perkenankanlah penulis menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu penulis, baik secara langsung maupun tidak langsung.
1.        Bapak Drs. Iswan Abdul Latief, pimpinan satuan pendidikan SMA Negeri 3 Makassar yang telah mengesahkan karya tulis ilmiah ini.
2.        Bapak Abdul Hajar, S.Pd, M.Pd, guru pembimbing yang telah meluangkan waktunya dalam membantu pembuatan karya ilmiah ini.
3.        Ketiga orang tua penulis atas perhatian dan kasih sayingnya begitu besar kepada penulis.
4.        Seluruh teman-teman SMA Negeri 3  Makassar yang telah memberikan dukungan dalam menyelesaikan karya tulis ilmiah ini.

Semoga Allah SWT senantiasa berkenan membalas kebaikan yang telah diberikan. Semoga karya tulis ilmiah ini dapat memberikan manfaat kepada yang membacanya. Amin.

Makassar, 25 Juli 2011

Penulis
DAFTAR ISI

SAMPUL……………………………………………………………….   i
LEMBAR PENGESAHAN ………………………………………………    ii
ABSTRAK………………………………………………………………...   iii
KATA PENGANTAR.………… ………………………………………..     iv
DAFTAR ISI……….……………………………………………………..    v
BAB I. PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang ……………………………………………..  …………….   1
B.     Rumusan Masalah…………………………………………………………     1
C.     Tujuan Penelitian...………………………………………………………..      1
D.     Manfaat Penelitian………………………………………………………...     2

BAB II. KAJIAN TEORI
A.     Tunjauan Pustaka…………………………………………………………     3
(1)   Pengertian Perpustakaan…………………………………………………..     3
(2)   Peran Perpustakaan………………………………………………………..    3
(3)   Tujuan Perpustakaan………………………………………………………    4
(4)   Hubungan Perpustakaan Dengan Bacaan…………………………………       4
(5)   Model Pelayanan Perpustakaan…………………………………………...     5
B.     Hipitesis Penelitian………………………………………………………..      5
BAB III. METODOLOGI PENELITIAN       
A.     Jenis Penelitian……………………………………………………………      6
B.     Populasi dan Sampel …………………………………………………….       6         
C.     Lokasi Penelitian dan Waktu Penelitian……………………......................        6
D.     Variabel Penelitian………………………………………………………..      6
E.      Sumber Data……………………………………………………………...     7
F.      Tekhnik Pengumpilan Data………………………………………………        7
G.     Instrumen Penelitian………………………………………………………      7
H.     Metode Analisis Data…………………………………………………….      7

BAB IV. HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
BAB V. PENUTUP
A.  Kesimpulan……………………………………………
………………     10
B.  Kritik dan Saran…………………………………………………
……      10
BAGIAN AKHIR
DAFTAR PUSTAKA…………………………………………………….     12
RIWAYAT HIDUP PENULIS………………………………………...         13
LAMPIRAN……………………………………………………………        15

BAB I
PENDAHULUAN
A.       Latar Belakang
Upaya untuk meningkatkan kecerdasan bangsa tidak harus melalui jalur pendidikan formal saja akan tetapi dapat juga melalui jalur pendidikan nonformal. Oleh karena itu, diperlukan adanya serana komunikasi informasi ilmu pengetahuan untuk disampaikan kepada masyarakat. Salah satu sarana tersebut adalah perpustakaan.
Perpustakaan merupakan pusat terkumpulnya berbagai informasi dari ilmu pengetahuan baik yang berupa buku maupun bahan rekaman lain nya. Di era seperti sekarang, era krisis global para masyarakat yang berpenghasilan pas-pasan hanya sediki dapat menyisihkan penghasilannya untuk membeli buku. Mereka hanya sanggup memenuhi kebutuhan primernya saja. Disini lah peran perpustakaan untuk menjangkau penduduk yang berpenghasilan rendah dapat menambah wawasannya diperpustakaan.
Namun dengan berkembangnya zaman, peran perpustakaan seolah lenyap ditelan oleh globalisasi. Fungsi perpustakaan kini hanya sebagai tempat penyimpanan dan perawatan buku. Kami berharap dengan penelitian ini masyarakat dapat sadar akan pentingnya perpustakaan dalam meningkatkan minat baca dan wawasan ilmu pengetahuan.

B.       Rumusan Masalah
1.      Bagaimana cara agar perpustakaan dapat diminati oleh siswa SMA Negeri 3 Makassar ?

C.       Tujuan Penelitian
1.      Agar kita dapat mengetahui penyebab kurang diminatinya perpustakaan oleh siswa SMA Negeri 3 Makassar.

D.       Manfaat Penelitian
1.      Agar siswa SMA Negeri 3 Makassar dapat berminat menggunakan sarana perpustakaan.
2.      Agar pihak sekolah dapat membuat perpustakaan yang menarik minat siswa SMA Negeri 3 Makassar.
3.      Agar kita dapat memberi saran yang baik untuk perpustakaan dimasa yang akan datang.
4.      Agar dapat meningkatkan minat baca siswa SMA Negeri 3 Makassar diperpustakaan.






















BAB II
KAJIAN TEORI

A.       Tinjaun Pustaka
1.      Pengertian Perpustakaan.
Dalam arti tradisional, perpustakaan adalah sebuah koleksi buku dan majalah. Walaupun dapat diartikan sebagai koleksi pribadi perseorangan, namun perpustakaan lebih umum dikenal sebagai sebuah koleksi besar yang dibiayai dan dioperasikan oleh sebuah kota atau institusi, dan dimanfaatkan oleh masyarakat yang rata-rata tidak mampu membeli sekian banyak buku atas biaya sendiri
Tetapi, dengan koleksi dan penemuan media baru selain buku untuk menyimpan informasi, banyak perpustakaan kini juga merupakan tempat penimpanan dan atau akses ke map, cetak atau hasil seni lainnya, mikrofilm, microfiche, tape audio, CD, LP, tape video dan DVD, dan menyediakan fasilitas umum untuk mengakses gudang data CD-ROM dan internet. Perpustakaan dapat juga diartikan sebagai kumpulan informasi yang bersifat ilmu pengetahuan, hiburan, rekreasi, dan ibadah yang merupakan kebutuhan hakiki manusia.
Oleh karena itu perpustakaan modern telah didefinisikan kembali sebagai tempat untuk mengakses informasi dalam format apa pun, apakah informasi itu disimpan dalam gedung perpustakaan tersebut atau tidak. Dalam perpustakaan modern ini selain kumpulan buku tercetak, sebagian buku dan koleksinya ada dalam perpustakaan digital (dalam bentuk data yang bisa diakses lewat jaringan komputer).

2.      Peran Perpustakaan
Perpustakaan merupakan upaya untuk memelihara dan meningkattkan efisiensi dan efektifitas proses belajar-mengajar. Perpustakaan yang terorganisasi secara baik dan sisitematis, secara langsung atau pun tidak langsung dapat memberikan kemudahan bagi proses belajar mengajar di sekolah tempat perpustakaan tersebut berada. Hal ini, terkait dengan kemajuan bidang pendidikan dan dengan adanya perbaikan metode belajar-mengajar yang dirasakan tidak bisa dipisahkan dari masalah penyediaan fasilitas dan sarana pendidikan
3.      Tujuan Perpustakaan
Tujuan perpustakaan adalah untuk membantu masyarakat dalam segala umur dengan memberikan kesempatan dengan dorongan melalui jasa pelayanan perpustakaan agar mereka:
a.       Dapat mendidik dirinya sendiri secara berkesimbungan.
b.      Dapat tanggap dalam kemajuan pada berbagai lapangan ilmu pengetahuan, kehidupan sosial dan politik.
c.       Dapat memelihara kemerdekaan berfikir yang konstruktif untuk menjadi anggota keluarga dan masyarakat yang lebih baik.
d.      Dapat mengembangkan kemampuan berfikir kreatif, membina rohani dan dapat menggunakan kemempuannya untuk dapat menghargai hasil seni dan budaya manusia.
e.       Dapat meningkatkan tarap kehidupan sehari-hari dan lapangan pekerjaannya.
f.        Dapat menjadi warga negara yang baik dan dapat berpartisipasi secara aktif dalam pembangunan nasional dan dalam membina saling pengertian antar bangsa.
g.       Dapat menggunakan waktu senggang dengan baik yang bermanfaat bagi kehidupan pribadi dan sosial.

4.      Hubungan Perpustakaan Dengan Bacaan
Perpustakaan dan bahan bacaan adalah dua kata yang saling bertautan. Karena di perpustakaanlah bahan pustaka dikumpulkan, diproses, dan disebarluaskan (didistribusikan) kepada para pembaca atau pemakai perpustakaan . Adapun koleksi perpustakaan di negara kita sebagian besar berupa buku atau book material dan masih jarang perpustakaan yang memiliki koleksi berupa non-book material seperti film, kaset film strip, slides, piringan hitam, peta, globe, dan sebagainya.

5.      Model Pelayanan Perpustakaan
Ada empat model pelayanan perpustakaan:
·        Koleksi perpustakaan ada pada kampus cabang.
·        Berpusat pada layanan pinjam antar perpustakaan, resource sharing, dan siswa dapat menggunakan perpustakaan afiliasi.
·        Pengiriman materi dari instuasi induk kepada para siswa
·        Berhubungan dengan penggunaan teknologi untuk mengakses sumber-sumber informasi elektronik.

B.     . Hipotesis Penelitian
Perpustakaan kurang diminati siswa karena fasilitas dan sarana yang disiapkan diperpustakaan SMA Negeri 3 Makassar kurang menunjang dan menarik lagi bagi siswa/i.











BAB III
METODE PENELITIAN
A.     Jenis Penelitian
Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran umum tentang penyebab perpustakaan kurang diminati oleh siswa SMA Negeri 3 Makassar. Dengan demikian jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian diskriptif, dimana penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan secara terperinci mengenai gejala atau keadaan dan juga bersifat mengembangkan pengetahuan yang sudah ada. Selain itu penelitian diskriptif merupakan studi untuk menemukan fakta melalui interpretasi data yang tepat sehingga dapat bermanfaat sebagai suatu pemecah masalah.

B.       Populasi dan Sampel
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMA Negeri 3 Makassar. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah guru SMA Negeri 3 Makassar yaitu; Drs. Iswan Abdul Latief , Dra. Ratnawati Lathief , Muhammad Syafri S,pd, M,si , Ilham ,S.pd,M.pd , Syafruddin ,S.pd,M.pd. 

C.       Lokasi Penelitian dan Waktu Penelitian
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Makassar yang berlokasi di Jalan Baji Areng No.18 Makassar. Adapun waktu pelaksanaan penelitian ini pada bulan Juli 2011.

D.       Variabel Penelitian
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebasnya adalah penyebab perpustakaan kurang diminati oleh siswa SMA Negeri 3 Makassar. Sedangkan variabel terikatnya adalah keinginan siswa akan adanya perpustakaan yang ideal.

E.        Sumber Data
Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Data primer yang diperoleh bersumber langsung dari responden melalui instrumen penelitian (questioner).

F.        Teknik Pengumpulan Data
Pengumpulan data dilakukan dengan cara mewawancarai guru yang ada di SMA Negeri 3 Makassar. Wawancara merupakan salah satu bagian terpenting dari setiap penelitian. Tanpa wawancara, penelitian tidak akan memperoleh informasi yang sesuai dengan diinginkan karena hanya dengan wawancara akan diperoleh data yang dibutuhkan yaitu dengan jalan bertanya langsung kepada informan, alasan pemilihan karena dari para informan inilah penulis memperoleh informasi yang banyak dan ketika diuji kepastiannya dengan menanyakan kepada informan yang lain informasi merekalah yang paling mudah dipahami penulis. Di dukung juga para informan tersebut adalah orang-orang yang terlibat langsung dalam pemberdayaan perpustakaan di SMA Negeri 3 Makassar.

G.        Instrumen Penelitian
Dalam penelitian ini, instrumen yang digunakan berbentuk questioner yang diberikan pada sampel penelitian dalam questioner terdapat 7 jenis pertanyaan.

H.       Metode Analisis Data
Berdasarkan jawaban yang diperoleh dari para responden melalui questioner, maka dilakukan penilaian menguji asumsi atau permasalahan yang ada terhadap data.



BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.       Hasil Penelitian
Pada bab ini akan dijelaskan mengenai apakah strategi untuk memberdayakan perpustakaan di SMA Negeri 3 Makassar dalam upaya meningkatkan minat baca siswa yang kesemuanya itu dilengkapi dengan hasil wawancara.
Menurut=hasil=wawancara=kami,=yaitu=:
1.      Usaha-usaha yang SMA Negeri 3 Makassar dalam usaha pemberdayaan perpustakaan yaitu; Mempersiapkan susunan/struktur perpustakaan dan menetapkan persosil dalam SK, melengkapi buku-buku yang ada di dalam perpustakaan, dan melengkapi buku-buku yang up-to-date (majalah / koran).

2.      Buku-buku yang ada di dalam perpustakaan berasal dari berbagai sumber yaitu ; dari APBN (Anggaran Perencanaan Belanja Negara), Swadaya (sumbangan siswa / orangtua siswa), dan Anggaran komite (uang yang berasal dari pembayaran komite)

3.      Fasilitas-fasilitas pelengkap yang ada di dalam perpustakaan SMA Negeri 3 Makassar antara lain : Kipas angin, Ruangan mudah untuk dijangkau (tidak terlalu jaung dari kelas-kelas), Referensi buku bacaan cukup, koneksi internet gratis, sirkulasi udara yang cukup untuk krnyamanan siswa, sarana yang memadai (meja,kursi dan komputer), serta para petugas perpustakaan yang membimbing siswa dengan baik untuk memudahkan tugas yang diberikan kepada siswa.

4.      Siswa tidak harus memiliki jam pelajaran di perpustakaan namun perpustakaan dapat digunakan oleh guru mata pelajaran dalam kegiatan pembelajaran (karena buku sangat memadai). Dan perpustakaan juga bias digunakan oleh siswa pada saat istirahat atau ketika guru berhalangan hadir dan siswa belajar dalam perpustakaan.

5.      Kondisi perpustakaan di SMA Negeri 3 Makassar cukup baik dan memenuhi standar, namun kurang kondusif karenamasih banyak yang perlu diperbaiki (cara penyusunan buku yang kurang tertata, data-data buku yang ada kurang terkontrol) serta dalam segi kebersihan perpustakaan SMA Negeri 3 Makassar masih perlu diperhatikan.

6.      Salah satu faktor kurangnya minat baca siswa SMA Negeri 3 Makassar yaitu; dari siswa itu sendiri yang kurang rajin membaca, kurangnya kesadaran dari siswa untuk menggunakan perpustakaan sebagai sumber belajar, buku-buku yang kurang mengikuti perkembangan, kurangnya arahan dari guru untuk mengoptimalkan kegiatan pembelajaran.

7.      Saran-saran yang kami dapatkan dari bebrapa narasumber yaitu;
§  Sebaiknya, ada waktu bagi guru mata pelajaran tertentu yang waktu proses belajar mengajar dilaksanakan di dalam perpustakaan.
§  Pengadaan buku-buku yang mengikuti perkembangan.
§  Pengadaan buku bacaan yang up-to-date.
§  Membuat sebuah motivasi untuk meningkatkan minat siswa berkunjung, membaca dan meminjam buku ke perpustakaan.
§  Harus meningkatkan tenaga pengelolaan perpustakaan yang lebih bagus lagi.



BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
A.     Kesimpulan
Usaha-usaha yang SMA Negeri 3 Makassar dalam usaha pemberdayaan perpustakaan yaitu; Mempersiapkan susunan/struktur perpustakaan dan menetapkan persosil dalam SK, melengkapi buku-buku yang ada di dalam perpustakaan. Buku-buku yang ada di dalam perpustakaan berasal dari berbagai sumber yaitu ; dari APBN (Anggaran Perencanaan Belanja Negara), Swadaya (sumbangan siswa / orangtua siswa), dan Anggaran komite (uang yang berasal dari pembayaran komite). Fasilitas-fasilitas pelengkap yang ada di dalam perpustakaan SMA Negeri 3 Makassar sudah sangat lengkap dan memadai. Siswa tidak harus memiliki jam pelajaran di perpustakaan namun perpustakaan dapat digunakan oleh guru mata pelajaran dalam kegiatan pembelajaran (karena buku sangat memadai). Dan perpustakaan juga bisa digunakan oleh siswa pada saat istirahat atau ketika guru berhalangan hadir dan siswa belajar dalam perpustakaan. Kondisi perpustakaan di SMA Negeri 3 Makassar cukup baik dan memenuhi standar, namun kurang kondusif karena masih banyak yang perlu diperbaiki (cara penyusunan buku) serta dalam segi kebersihan perpustakaan SMA Negeri 3 Makassar masih perlu diperhatikan. Salah satu faktor kurangnya minat baca siswa SMA Negeri 3 Makassar yaitu; kurangnya kesadaran dari siswa untuk menggunakan perpustakaan sebagai sumber belajar, kurangnya arahan dari guru untuk mengoptimalkan kegiatan pembelajaran.
B.     Saran
Saran-saran yang kami dapatkan dari bebrapa narasumber yaitu; Sebaiknya, ada waktu bagi guru mata pelajaran tertentu yang waktu proses belajar mengajar dilaksanakan di dalam perpustakaan. Pengadaan buku-buku yang mengikuti perkembangan. Pengadaan buku bacaan yang up-to-date. Membuat sebuah motivasi untuk meningkatkan minat siswa berkunjung, membaca dan meminjam buku ke perpustakaan. Harus meningkatkan tenaga pengelolaan perpustakaan yang lebih bagus lagi.























DAFTAR PUSTAKA









RIWAYAT HIDUP PENULIS
aaaaaaa.JPG
Perempuan kelahiran Kisaran (Medan, Sumatra Utara), 19 Februari 1995 ini yang bernama Febila Ramadhantia yang sering juga di panggil Veyla. Dia pernah bersekolah di TK Kartika (Banten) dan TK Al-Ijtihad (Bandung).Dan bersekolah di SDS Kartika III/IV (Bandung,2000-2001), SDN Sedong 2 (Cirebon,2002-2003), SDN Sukmajaya 3 (Depok,2004-2005) dan menamatkan sekolah dasarnya di SDS Purnama (Cimahi,2005-2006).Serta bersekolah di SMPN 09 Cimahi (Jawa Barat,2006-2007) dan menamatkan sekolah menengah pertamanya di SMPN 02 Cileungsi (Bogor,2007-2009). Dan saat ini masih bersekolah di SMA Negeri 3 Makassar.Anak pertama dari dua bersaudara ini berasal dari pasangan Kolonel Chb Mat Ali dan dr. Nuniek Ramayanti ini aktif dalam banyak organisasi yaitu; OSIS, Jenius, Ikramal, KIR, dan Jangkar serta pernah aktif dalam organisasi Paskibra di SMAnya. Dan memiliki hobi olahraga, dan  nonton film.Serta bercita-cita ingin menjadi seorang dokter dan psikiater. Dan tak lupa pula bahwa dia pernah membuat karya tulis ilmiah dalam rangka menyelesaikan tugas sekolah yaitu : Dampak Ekonomi Budidaya Rumput Laut Terhadap Masyarakat Pesisir Pantai Puntondo dan Dampak Pelestarian Populasi Terumbu Karang Terhadap Tingkat Kunjungan Wisatawan Di Tanjung Bira.






IMG_6523-crop.JPGPerempuan kelahiran Ujung Pandang, 18 Agustus 1995 yang bernama lengkap Sitti Sayma ini pernah bersekolah di SDN INPRES BERTINGKAT MAMAJANG III dan melanjutkan pendidkannya di SMPN 24 Makassar. Dan saat ini masih bersekolah di SMA Negeri 3 Makassar. Anak dari pasangan Muhammad Kadang .T dan Handayani ini aktif dalam organisasi KIR, JENIUS dan IKRAMAL. Ia memiliki hobi menonton film, membaca, dan menulis, Serta ia sangat menyukai semua hal tentang organisasi yang digelutinya. Ia bercita-cita menjadi seorang dokter dan Ahli Biologi agar bisa menyembuhkan orang banyak dan membahagiakan orang tua.


DSC_0063.JPG
Perempuan kelahiran Ujung Pandang, 16 juni 1995 yang bernama Mutmainnah pernah bersekolah di TK AL-HIDAYAH, dan menamatkan sekolah dasarnya di SDN INPRES GONTANG dan melanjutkan pendidkannya di SMPN 27 Makassar. Dan saat ini masih bersekolah di SMA Negeri 3 Makassar.Anak dari pasangan Mappa dan Yuhartini ini aktif dalam organisasi PASKIBRA,OSIS,KIR,dan IKRAMAL. Ia memiliki hobi menonton film, membaca, dan menulis, Serta ia sangat menyukai semua hal tentang organisasi yang digelutinya.Ia bercita-cita menjadi seorang dokter dan pengusaha agar bisa menyembuhkan orang banyak dan membahagian orang tua.
















LAMPIRAN









HASIL WAWANCARA
A.     Pertanyaan.
Pertanyaan yang kami ajukan kepada beberapa guru di SMA Negeri 3 Makassar , yaitu :
1.         Usaha apa yang dilakukan pihak sekolah untuk pemberdayaan perpustakaan?
2.      Berasal dari manakah buku-buku yang tersedia di perpustakaan?
3.      Fasilitas apa sajakah yang ada di dalam perpustakaan untuk menarik minat   siswa?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar