Jumat, 26 Agustus 2011

LAMPIRAN dari STRATEGI PENGELOLAAAN PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 3 MAKASSAR DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA


LAMPIRAN









HASIL WAWANCARA
A.     Pertanyaan.
Pertanyaan yang kami ajukan kepada beberapa guru di SMA Negeri 3 Makassar , yaitu :
1.         Usaha apa yang dilakukan pihak sekolah untuk pemberdayaan perpustakaan?
2.      Berasal dari manakah buku-buku yang tersedia di perpustakaan?
3.      Fasilitas apa sajakah yang ada di dalam perpustakaan untuk menarik minat   siswa?
4.      Apakah siswa harus diberikan jam pembelajaran di perpustakaan?
5.      Bagaimana pendapat Anda mengenai kondisi perpustakaan sekolah yang ada saat ini?
6.      Apa yang menyebabkan rendahnya minat siswa untuk belajar atau sekedar membaca di perpustakaan?
7.      Apa saran Anda untuk pemberdayaan perpustakaan agar fungsinya bisa lebih dioptimalkan?
B.     Pertanyaan dan Jawaban
DSC_0025.JPGNama Lengakap           : Drs. Iswan Abdul Latief
Tempat Taggal Lahir     : Poso, 18 Oktober 1960
1.      Usaha apa yang dilakukan pihak sekolah untuk pemberdayaan perpustakaan?
Jawab : Mempersiapkan susunan struktur dalam perpustakaan, melakukan rapat kerja namun sebelumnya harus mengadakan analisis what (apa yang ada di dalam perpustakaan dan apa kelemahannya), membaca peluang yang ada, menganalisis ancaman/hambatan yang kemungkinan ada.


2.      Berasal dari manakah buku-buku yang tersedia di perpustakaan ?
Jawab : Buku-buku yang ada di dalam perpustakaan berasal dari berbagai sumber yaitu ; dari APBN (Anggaran Perencanaan Belanja Negara), Swadaya (sumbangan siswa / orangtua siswa), dan Anggaran komite (uang yang berasal dari pembayaran komite)
3.      Fasilitas apa sajakah yang ada di dalam perpustakaan untuk menarik minat siswa?
Jawab : Kekuatan ruangan baik, sarana untuk PBM cukup (meja, kursi, dan komputer), referensi bacaan cukup, kenyamanan cukup (kipas angin), akses menuju perpustakaan mudah, fentilasi untuk sirkulasi udara cukup., dan petugas perpustakaan yang memberikan bimbingan dengan baik untuk siswa.
4.      Apakah siswa harus diberikan jam pembelajaran di perpustakaan?
Jawab : Tidak harus, namun perpustakaan sebaiknya digunakan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan sebagai tempat proses belejar mengajar berlangsung. Dan seharusnya ada hari membaca, namun belum terealisasikan karena belum ada minat membaca atau mitivasi siswa untuk membaca.
5.      Bagaimana pendapat Anda mengenai kondisi perpustakaan sekolah yang ada saat ini?
Jawab : Baik, cukup baik dan memenuhi standar.

6.      Apa saran Anda untuk pemberdayaan perpustakaan agar fungsinya bisa lebih dioptimalkan?
Jawab : Motivasi/minat siswa untuk membaca, motivasi untuk digunakan siswa sebagai sumber belajar, siswa yang kurang memiliki waktu untuk mengunjungi perpustakaan karena siswa sekarang lebih sibuk ke kegiatan ekstrakulikuler.


7.      Apa saran Anda untuk pemberdayaan perpustakaan agar fungsinya bisa lebih dioptimalkan?
Jawab : Hasil rapat kerja perpustakaan yang dapat dilaksanakan dan terwujud, harus menambah motivasi siswa untuk menjadikan perpustakaan sebagai sumber belajar, melengkapi sarana dan prasarana di perpustakaan, menjadikan perpustakaan tempat yang nyaman agar siswa betah berada dalam perpustakaan SMA Negeri 3 Makassar.

DSC_0026.JPG
Nama Lengkap : Muhammad Syafri S.pd M.si
Tempat Tanggal Lahir   : Jeneponto, 16 Agustus 1969
1.      Usaha apa yang dilakukan pihak sekolah untuk pemberdayaan perpustakaan?
Jawab: Melengkapi buku-buku mata pelajaran yang dipelajari di sekolah, buku-buku yang berkaitan dengan pelajaran IPA dan IT, serta referensi yang berkaitan dengan sumber informasi terkini atau terbaru.


2.      Berasal dari manakah buku-buku yang tersedia di perpustakaan?
Jawab: Bantuan pemerinta, sumbangan dari alumni, dan sumbangan dari dana komite.

3.      Fasilitas apa sajakah yang ada di dalam perpustakaan untuk menarik minat siswa?
Jawab: Ruangan yang nyaman dengan kipas angin, jika bisa AC, lalu internet, televisi, tetapi yang paling penting adalah kebersihan perpustakaan.
4.      Apakah siswa harus diberikan jam pembelajaran di perpustakaan?
Jawab: Tidak perlu. Perpustakaan bisa digunakan oleh siswa pada saat istirahat atau pada saat guru tidak mengisi jam mata pelajarannya.

5.      Bagaimana pendapat Anda mengenai kondisi perpustakaan sekolah yang ada saat ini?
Jawab: Sudah bagus, hanya fasilitas internet dan kebersihan perpustakaan harus sering diperhatikan.

6.      Apa yang menyebabkan rendahnya minat siswa untuk belajar atau sekedar membaca di perpustakaan?
Jawab: Saya pernah melakukan penelitian, memang siswa secara pribadi yang malas membaca.

7.      Apa saran Anda untuk pemberdayaan perpustakaan agar fungsinya bisa lebih dioptimalkan?
Jawab: Sebaiknya ada pembagian kelas dan mata pelajaran tertentu yang waktu PBM-nya bisa dilaksanakan di perpustakaan.


DSC_0039.JPGNama   Lengkap           :Syahruddin Parakkasi Muhammmad
Tempat Tanggal Lahir   : Pare-pare, 25 Mei 1960
1.      Usaha apa yang dilakukan pihak sekolah untuk pemberdayaan perpustakaan?
Jawab: Kurang tahu

2.      Berasal dari manakah buku-buku yang tersedia di perpustakaan?
Jawab: Sebagian besar dari pemerintah dan ada juga yang berasal dari sumbangan siswa.

3.      Fasilitas apa sajakah yang ada di dalam perpustakaan untuk menarik minat siswa?
Jawab: Untuk sementara dipersiapkan perpustakaan elektronik, yaitu perpustakaan yang dilengkapi fasilitas internet dan dukungan media elektronik.

4.      Apakah siswa harus diberikan jam pembelajaran di perpustakaan?
Jawab: Ya, sebaiknya begitu.

5.      Bagaimana pendapat Anda mengenai kondisi perpustakaan sekolah yang ada saat ini?
Jawab: Jauh dari harapan.

6.      Apa yang menyebabkan rendahnya minat siswa untuk belajar atau sekedar membaca di perpustakaan?
Jawab: Kurangnya kesadaran siswa dan kurangnya arahan dari guru untuk memaksimalkan perpustakaan dalam kegiatan belajar mengajar.
                                                                               

7.      Apa saran Anda untuk pemberdayaan perpustakaan agar fungsinya bisa lebih dioptimalkan?
Jawab:  Sebaiknya pihak sekolah sebagai pengelola bisa memberdayakan perpustakaan dengan baik dan maksimal. Ada istilah “the man behind the gun”, meskipun fasilitasnya bagus tetapi pengelolanya tidak maksimal, maka fasilitas itu tidak ada apa-apanya.



DSC_0027.JPG
Nama Lengkap : Drs. Zainal Arifin
Tempat Tinggal Lahir    : Ujung Pandang, 28 Januari 1958
Pendidikan terakhir       : S2

1.      Usaha apa yang dilakukan pihak sekolah untuk pemberdayaan perpustakaan?
Jawab: Melengkapi daftar pustaka terutama buku tentang kebutuhan kegiatan PBM serta memotivasi siswa untuk gemar membaca.

2.      Berasal dari manakah buku-buku yang tersedia di perpustakaan?
Jawab: Dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Daerah, pihak sekolah, dan beberapa dari sumbangan siswa.

3.      Fasilitas apa sajakah yang ada di dalam perpustakaan untuk menarik minat siswa?
Jawab: Gedung atau bangunan perpustakaan yang representative, suasana ruang perpustakaan yang nyaman, fasilitas internet, dan dukungan media cetak dan media elektronik.

4.      Apakah siswa harus diberikan jam pembelajaran di perpustakaan?
Jawab: Sebaiknya ya.

5.      Bagaimana pendapat Anda mengenai kondisi perpustakaan sekolah yang ada saat ini?
Jawab: Cukup bagus.



6.      Apa yang menyebabkan rendahnya minat siswa untuk belajar atau sekedar membaca di perpustakaan?
Jawab: Siswa terlalu banyak kegiatan, terutama mengerjakan tugas yang menumpuk dan kegiatan eskul serta siswa yang lebih banyak memanfaatkan waktu luang di sekolah untuk bermain game dan berbincang-bincang dengan temannya.

7.      Apa saran Anda untuk pemberdayaan perpustakaan agar fungsinya bisa lebih dioptimalkan?
Jawab: Siswa tetap berminat untuk meningkatkan minatnya dalam membaca di perpustakaan dan meningkatkan kesadaran jika guru tidak masuk ke kelas mengajar, siswa sebaiknya belajar di perpustakaan.

V0C.0589.jpg
Nama Lengkap             : Dra. Ratnawati Lathief
Tempat Tangga Lahir     :Sinjai, 14 Maret 1963

1.      Usaha apa yang dilakukan pihak sekolah untuk pemberdayaan perpustakaan?
Jawab: Paling tidak harus ada swadaya siswa atau sumber dari luar asal datangnya buku-buku yang ada diperpustakaan.

2.      Berasal dari manakah buku-buku yang tersedia di perpustakaan?
 Jawab: buku yang ada diperpustakaan berasal dari kombinasi/kerjasama sekolah, siswa, dan sumbangan dari luaryang tidak mengikat.



3.      Fasilitas apa sajakah yang ada di dalam perpustakaan untuk menarik minat   siswa?
Jawab: Ini adalah era globalisasi, harus diadakannya perpustakaan yang bertaraf internasional dan dibarengi dengan tenaga admin yang baik pula.

4.      Apakah siswa harus diberikan jam pembelajaran di perpustakaan?
Jawab: Tidak usah diharuskan, namun bagaimana kita memberikan motifasi untuk siswa (memberi tugas-tugas/pengarahan).

5.      Bagaimana pendapat Anda mengenai kondisi perpustakaan sekolah yang ada saat ini?
Jawab: Belum begitu kondusif karena masih banyak yang perlu diperbaiki (data buku dan penataan buku-buku) serta admin dalam perpustakaan lebih diperhatikan.

6.      Apa yang menyebabkan rendahnya minat siswa untuk belajar atau sekedar membaca di perpustakaan?
Jawab: Kurang menarik, karena tidak adanya keinginan siswa untuk kepurpustakaan serta buku-buku yang kurang mengikuti perkembangan zaman.

7.      Apa saran Anda untuk pemberdayaan perpustakaan agar fungsinya bisa lebih dioptimalkan?
Jawab: Mengoptimalkan penggunaan waktu untuk melaksanakan kegiatan PBM, melengkapi bacaan-bacaan baru, yang utama adalah memperbaikan suasana perpustakaan.